Putra Adam Seorang Pemuda Yang Menggemari Dunia Blogging Dan Suka Menulis Blog Review Seputaran Game Mod APK dan Aplikasi Terbaru

Cara Mengetahui HP Sudah di Root Atau Tidak

3 min read

Cara Mengetahui HP Sudah di Root Atau Tidak – Root di dalam bahasa indonesia itu berarti “akar”. Mengaktifkan Root itu artinya mengaktifkan perizinan user supaya dapat mengakses sistem  Android dengan lebih mendalam. Hingga, fitur yang tidak mungkin dipakai di saat standar menjadi dapat di akses di saat Root diaktifkan.

Tidak seluruh smartphone Android bisa memakai akses Root. Samsung merupakan smartphone yang sulit untuk di Root sebab sistem keamanannya. Hingga, diperlukan cara untuk mengetahui HP yang telah di Root untuk memastikan apakah proses itu berhasil ataukah tidak.

Apa itu Root?

Cara Cepat Mengetahui HP Sudah di Root Atau Tidak

Root merupakan proses perizinan supaya user dapat mempunyai kontrol yang lebih tinggi dengan perangkat Androidnya. Jika Root sudah di aktifkan, maka user memempunyai wewenang lebih untuk melakukan beberapa hal yang tidak dapat dilakukan dengan cara yang biasa.

User bahkan dapat menghapus aplikasi bawaan dari smartphone. Tetapi, sangat diharapkan supaya aplikasi mendasar misalnya seperti telepon, pengaturan, perpesanan, kamera, serta beberapa fitur mendasar yang lainnya. Meskipun demikian, menghapus aplikasi terkadang sangat bermanfaat apabila dimanfaatkan dengan tepat.

Sayangnya, resiko sesudah melakukan proses Root juga lumayan besar. Pengamanan ponsel akan menjadi longgar serta mudah ditembus. Untuk mengatasi masalah itu, maka penggunaan antivirus tentu sangat diperlukan.

Cara Mengetahui HP Sudah di Root Atau Tidak

Root juga bisa memberikan akses kepada penggunanya untuk melakukan perubahan terhadap berbagai hal. Hal itu misalnya seperti custom ROM, menghapus aplikasi bawaan, serta yang lain sebagainya. Semua ini memanglah sangat bagus jika tidak dilakukan dengan berlebihan.

Download Juga :  Cara Membuat Secreto

Terkadang, proses untuk pembuatan akses Root itu tidak berjalan lancar serta akan berujung kegagalan. Kegagalan ini bahkan dapat menyebabkan bootloop.

Sedangkan, untuk kalian mengetahui apakah proses itu berhasil atau tidak, maka kalian dapat melakukannya menggunakan cara melihat HP sudah di Root ataukah belum.

Cara Mengetahui HP Sudah di Root Tanpa Aplikasi

Membuat akses Root di smartphone tentu mempunyai jejak tersendiri. Jejak itu juga cenderung sama walaupun aplikasi yang dipakai untuk membuat root berbeda. Hal ini lah yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi cara mengetahui HP yang sudah di Root tanpa aplikasi:

  • Langkah pertama yang bisa kalian lakukah yakni aktifkanlah perangkat smartphone kalian.
  • Selanjutnya pastikan bahwa aplikasi yang kalian pakai untuk membuat akses Root.
  • Sealnjutnya yakni bukalah menu aplikasi.
  • Kemudian carilah aplikasi “Kinguser” atau “SuperSU”.

Jika salah satu dari aplikasi itu berhasil kalian temukan, maka artinya smartphone itu telah mempunyai akses Root. Perlu kalian ingat bahwa, cara ini perlu kalian lakukan sesudah proses Rooting selesai. Sebab, kedua aplikasi itu telah sewajarnya ada di smartphone walaupun Root belum dilakukan.

Cara Ampuh Mengetahui HP Sudah di Root dengan Root Checker

Kalian bisa menggunakan aplikasi Root Checker ini untuk mengetahui apakah smartphone telah berhasil di Root. Terkadang, smartphone yang telah di Root tidak akan menampilkan aplikasi Kinguser dan SuperSU sebab terdapat beberapa kesalahan.

Oleh sebab itu, cara melihat HP telah di Root dengan Root Checker yaitu pilihan yang bijak. Sebelum memakai aplikasi ini, hendaknya kalian perlu mendownloadnya di platform Google Play store lalu memasangnya.

Berikut yakni beberapa cara memakai Root Checker:

  • Langkah pertama yang bisa kalian pakai yakni aktifkanlah perangkat smartphone Android.
  • Selanjutnya bukalah aplikasi Root Checker.
  • Kemudian tablah tombol Agree,
  • Apabila kalian sudah klik tombol agre maka selanjutnya klik Verify Root Access.
  • Selanjutnya pilihlah opsi Grant.
  • Apabila sudah maka tunggulah sampai beberapa saat.
  • Apabila kalian sudah melakukan proses itu maka nantinya akan muncul konfirmasi tentang hasil analisa yang dilakukan. Hingga, user nantinya akan mengetahui bahwa smartphone nya telah di Root atau belumnya.
Download Juga :  Cara Melacak HP

Keuntungan Penggunaan Root

Cara Cepat Mengetahui HP Sudah di Root Atau Tidak

Root juga akan memberikan banyak sekali manfaat untuk para pengguna nya. Sebab ini lah, maka banyak sekali orang yang berusaha untuk mengaktifkan akses Root di dalam smartphone. Meskipun di sebagian perangkat sangat sulit dilakukan.

Berikut ini merupakan beberapa keuntungan untuk penggunaan Root di ponsel Android.

Hapus Aplikasi Bawaan

Akses Root yang mempunyai user bisa dipakai untuk menghapus aplikasi bawaan pada smartphone. Fitur ini memanglah sangat bermanfaat sebab, terkadang penyedia smartphone akan menyematkan beberapa aplikasi yang kurang bermanfaat untuk penggunanya.

Bahkan, terdapat aplikasi yang berukuran besar serta menghabiskan ruang penyimpanan. Hal ini akan menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian lebih. Apabila penyimpanan internal sudah penuh, maka performa smartphone juga akan menurun drastis dan pastinya ini akan sangat mengganggu.

Untuk mengatasi hal itu, maka akses Root yang dimilikinya bisa dipakai untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak berguna itu. Hingga, smartphone akan menjadi semakin lancar serta nyaman dipakai.

Custom ROM

Tampilan smartphone Android juga yang sangatlah bervariasi. Tetapi, terkadang terdapat orang yang belum puas dengan tampilan dari smartphone nya saat ini. Hingga, mereka mau mengubahnya menjadi lebih menarik yang mengacu di smartphone Android yang lainnya.

Bukan cuma ROM Android saja, tetapi user dapat memasukan interface Iphone kedalam smartphone Androidnya. Walaupun tidak bisa membeli Iphone, paling tidak kalian masih dapat mencicipi tampilannya. Sayangnya, ada resiko bootloop apabila custom Rom gagal.

Kerugian Penggunaan Root

Walaupun Rooting mempunyai banyak sekali keunggulan, tetapi proses ini mempunyai beberapa kerugian. Kerugian ini yang perlu kalian perhatikan supaya menjadi pertimbangan sebelum kalian melakukan proses Rooting.

Smartphone Cepat Panas

Pengaktifan Root memang tidak dengan langsung mengakibatkan smartphone panasan. Akan tetapi efek ini akan timbul jika pengguna melakukan Custom ROM yang bertujuan untuk meningkatkan performa smartphone. Hingga, sistem di smartphone akan menjadi semakin berat.

Download Juga :  Cara Beli Kuota dan Paket Voucher Wifi ID

Rentan Virus

Resiko terjangkit virus di perangkat smartphone kalian akan semakin besar jika kalian melakukan aktivasi Root. Hal ini juga dikarenakan sistem pengamanan bawaan yang semakin menurun serta semakin longgar.

Virus juga dapat masuk bersamaan dengan pemasangan permainan yang khususnya versi Root. Bukan cuma itu, akan tetapi kegiatan custom ROM ini juga mempunyai resiko yang serupa. Maka dari itu, pemilihan situs saat proses download perlu benar-benar kalian perhatikan.

Demikianlah teman teman semuanya pembahasan kami kali ini mengenai Cara Mengetahui HP Sudah di Root Atau Tidak, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga

Putra Adam Seorang Pemuda Yang Menggemari Dunia Blogging Dan Suka Menulis Blog Review Seputaran Game Mod APK dan Aplikasi Terbaru